Sabtu, 14 April 2012

Ucapan Terima Kasih Kami

Ishak Manti dilahirkan pada tanggal 14 Desember 1949 di Lakitan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Anak kedua dari lima bersaudara, dari Bapak Leman Dt. Lengang Alam (alm) dan Hj. Nursiti Amar (almh). Pada akhir 1977 menikah dengan Hj. Desriwati Ismael dan karuniaai empat putri (Ifeny Delicia, S. Hum, Idoly Dwita, SE, Hiut Indika, S. Farm, Apt., dan Innike Derisa) serta empat cucu (Qeisya, Faldhan, Raffa, dan Anjani).

Alhamdulillah, dengan rahmat Allah SWT, pada tanggal 5 April 2012, saya di kukuhkan sebagai Profesor Riset Bidang Hama dan Penyakit Tanaman oleh Kepala LIPI Bapak Prof. Dr. Lukman Hakim yang dihadiri oleh Kepala Litbang Departmen Pertanian.

Melalui kesempatan ini saya menyampaikan syukur ke hadirat Allat SWT karena dengan izin-Nya saya telah dapat menyampaikan orasi ilmiah. Selanjutnya saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada :
  1. Menteri Pertanian, Kepala dan Sekretaris Badan Peneliti dan Pengembangan Pertanian, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat, atas kesempatan yang diberikan kepada saya dalam menjalani karier selama ini.
  2. Kepala LIPI Ketua dan para anggota Majelis Pengukuhan Profesor Riset LIPI, Kepala Pusbindiklat Peneliti LIPI, Ketua TP3I LIPI dan Ketua TP2I Kementrian Pertanian yang telah memberikan kesempatan kepada saya menyampaikan orasi ilmiah.
  3. Guru SD 2 Lakitan, M. Narus, guru SMP Maas Sabirin, guru SMAN 2 Padang Drs. M. Nazif dan dosen-dosen di perguruan tinggi yang telag memberikan ilmu pengetahuan dan wawasan kepada saya sebagai bekal hidup yang lebih bermanfaat. Kepada dosen pembimbing S1 (Prof. Drs. Nurdin, MS.), S2 (Prof. Dr. Soemartono Sasromarsono), dan S3 (Prof. Dr. C.R. Baltazar) atas jasa dan bimbingannya hingga saya menjadi peneliti dan Profesor Riset.
  4. Bapak mantan Kepala Badan Litbang Pertanian Dr. Joko Boedianto, mantan Kepala Puslitbangtan Dr. Ibrahim Manwan, mantan Kepala PSE Prof. Dr. Achmad Suryana, mantan Kepala BBP2TP, mantan Kepala Balittan Sukarami (Dr. Darwis SN, Dr. Syarifudin Karama,  Prof. Dr. Zulkifli Zaini dan Dr. Edy Sunaryo), mantan Kepala BPTP Sumatera Barat periode 1995-2009, atas bantuan, dorongan, arahan dan bimbingan dalam melaksanakan tugas sebagai peneliti.
  5. Tim evaluator Badan Litbang Pertanian Prof. Dr. Elna Karmawati, Prof. Dr. A. Karim Makarim, Prof. Dr. Subandriyo, Prof. Dr. Irsal Las, Prof. Dr. Husen Sawit, Prof Dr. Tjeppy, D. Soedjana dan Prof. Dr. Made Oka Adnyana, tim evaluator BBP2TP Prof. Dr. Muhammad Arifin dan Prof. Dr. I. Wayan Laba, yang telah mengevaluasi dan mengoreksi serta memberikan masukan yang sangat berharga. 
  6. Rekan-rekan staf BPTP Sumatera Barat dan BPTP Bengkulu yang telah banyak membantu saya dalam pelaksanaan penelitian/pengkajian dan pembuatan tulisan ilmiah serta penulisan orasi ini.
  7. Rekan-rekan seprofesi dan para pakar lingkup Badan Litbang Pertanian yang telah menambah wawasan saya dalam mengembangkan karier sebagai peneliti di bidang hama tanaman dan pengembangan teknologi pertanian secara umum sampai tersusunnya naskah orasi ini.
  8. Kedua orang tua saya (alm. Leman Dt. Lenggang Alam dan almh Hj. Nursitti Amar) yang telah mengasuh, membesarkan, dan mendidik saya. Kedua Bapak Ibu mertua saya (alm Ismael St. Mangkuto dan almh Hj. Rosniar) yang telah memberikan dukungan moril dan ketauladanan.
  9. Istri (Hj. Desriwati Ismael) dan anak-anakku (Ifeny Delicia, S.Hum, Idoly Dwita, SE., Hiut Indika, S.Farm., Apt dan Innike Derisa) serta menantuku (Ambar, Dori dan Vitho) yang telah mendorong dan memberi inspirasi kepada saya dalam berkarya sebagai  peneliti hingga dikukuhkan menjadi Profesor Riset.
  10. Panitia penyelenggara orasi Pengukuhan Profesor Riset dan semua pihak yang membantu pelaksanaan acara ini hingga berjalan dengan baik dan lancar.
  11. Semua hadirin yang telah berkesempatan hadir  dan memberikan perhatian terhadap orasi ilmiah ini.
Atas perhatian bapak, ibu dan saudara semua, sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf atas kekurangan dan kekhilafan selama acara orasi berlangsung.

Wabillahitaufiq walhidayah
Wassalamualaikum warhmatullahi wabarakatu

Tidak ada komentar: